Baja Jembatan Gerendong Tersapu Arus Kali?

BOGORTIMES, Kabupaten-Proyek peningkatan jembatan Gerendong yang menghubungkan Kecamatan Ciseeng dan Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor dipastikan tertunda. Pasalnya, konstruksi jembatan yang terbuat dari baja dan tengah dikerjakan penyedia jasa proyek lelang infrastruktur tersebut, hanyut diterjang derasnya air Sungai Cisadane, pada Jum’at (6/12/2019) malam.

Menurut keterangan Aceng (47) seorang warga sekitar, peristiwa meluapnya air sungai Cisadane yang menghanyutkan material proyek tender jembatan tersebut terjadi sekitar pukul 23.00 WIB. Dia mengatakan, sebelum peristiwa terjadi, memang hujan turun di beberapa wilayah sekitar Bogor termasuk di wilayah Kecamatan Ciseeng dan Rumpin. “Air sungai meluap hingga melewati jembatan dan menghanyutkan seluruh konstruksi badan jembatan yang sedang dibuat.” ujarmya kepada wartawan, Sabtu (7/12/2019).

Baca Juga:  6 Desa Diterjang Banjir Bandang

Peristiwa ambruknya konstruksi rangka jembatan Gerendong Sungai Cisadane tersebut pun sempat viral di beberapa media sosial warga. Lokasi kejadian tepatnya berada di Kp. Gerendong RT 01/01 Desa Kampung Sawah Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor. “Kerangka konstruksi jembatan yang baru terpasang panjangnya kurang lebih 45 meter. konstruksinya hanyut dan tersangkut di jembatan yang lama.” Ujar Hendrik, warga lainnya.

Sementara Kapolsek Rumpin Kompol Asep Supriadi langsung melakukan pengecekan ke lokasi kejadian. Dirinya mengatakan bahwa roboh atau ambrolnya rangka konstruksi jembatan Gerendong diakibatkan tiang penyangga jembatan tidak mampu menahan derasnya air yang datang dari arah Bogor. “Ambruknya tiang penyangga jembatan membuat besi baja yang sudah dirakit atau terpasang jatuh dan hanyut terseret arus air. Namun korban jiwa tidak ada.” Pungkasnya.

Baca Juga:  Sekda : Perintahkan DPKPP Data Relokasi Akibat Bencana

Ket. Foto :

1,2,3~ kondisi terakhir jembatan Gerendong Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor yang sedang dibangun, pasca diterjang derasnya air sungai Cisadane. Konstruksi jembatan yang sedang dibangun hancur dan hanyut akibat tiang penyangga ambrol.

4.~konstruksi jembatan Gerendong yang baru dibuat tampak sudah berdiri namun akhirnya hancur dan hanyut terbawa derasnya air sungai Cisadane.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan