Pemkab Bogor Terima Penghargaan Dari Gubernur Jawa Barat (Foto:Deddy)

Bertubi-tubi Pemkab Bogor Terima Penghargaan

Bogor Times, Bandung – Sejumlah penghargaan diberikan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Hotel Hilton, Kota Bandung, Selasa (19/11/19).


Penghargaan tersebut terdiri dari penghargaan atas opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun 2018, penghargaan Perangkat Daerah Pemrakarsa Kerja sama Daerah, Tim Koordinasi Kerja sama Daerah Kabupaten dan Kota Terbaik Tahun 2019, dan penghargaan Peringkat dan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Tahun 2017.


Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) serta Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa APBN Tahun 2020.


Menurut Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan, selain kedua poin tersebut, Kabupaten Bogor juga diserahkan penghargaan atas daftar isian pelaksanaan anggaran, alokasi transfer, termasuk dana desa oleh APBN tahun 2020. “Lalu juga ada penyerahan penghargaan perangkat daerah pemrakarsa kerjasama daerah. Jadi TKKSD Kabupaten Bogor dengan tim dari kota terbaik di tingkat provinsi. Dan terakhir penghargaan untuk status kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah”, katanya. 

Baca Juga:  Ikhsan Saepul Munir Pimpin Kartar Cogreg
Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan Menerima Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat, Ridawan Kamil (Foto:Deddy)

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, Didi Kurnia menjelaskan, untuk mempertahankan hal itu tentunya perlu terus ada perbaikan sistem. Terutama sistem yang integrasi, yang sudah diberlakukan di Kabupaten Bogor. Yakni Sistem Perencanaan dan Penganggaran serta Pelaporan atau yang dikenal Simral. “Dari mulai perencanaan pembangunan, penyusunan rencana kerja pemerintah daerah, sampai penyusunan anggaran dan pelaporan, sekarang sudah terintegrasi. Digitalisasi juga menjadi salah satu indikatornya,” tegasnya.

Soal kendala pada Simral, memang tak bisa dipungkiri. Terutama sekarang ini dalam masa transisi dari peralihan sistem yang tidak terintegrasi, menjadi sistem yang terintegrasi. Tentunya ada beberapa akun yang perlu ada penambahan dan pematangan. Lalu, ada pula indikator pemerintah daerah yang kerjasama daerahnya tergolong baik oleh pemprov.

Baca Juga:  Proyek "Donald Trump" Usik Warga Cigombong

Sementara indikator untuk status yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan, hal itu dinilai dari mulai perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di wilayah Kabupaten Bogor. “Tentunya penghargaan ini merupakan salah satu penambah semangat untuk meningkatkan kinerja. Agar Pemerintah Kabupaten Bogor lebih baik lagi. Empat penghargaan ini lansung diberikan oleh gubernur,” terang Didi.

Dari empat poin penghargaan tersebut, sambung Didi, memiliki indikator yang berbeda – beda. Untuk opini WTP misalnya, itu merupakan hasil pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang dilakukan di Kabupaten Bogor. Dimana BPK menerima laporan keuangan pemerintah daerah yang masuk dalam kategori opini WTP tersebut. Khusus untuk WTP,

.Sementara Itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan “Hari ini ada empat acara, yang pertama pemberian DIPA mewakili pemerintah pusat. Kedua, memberikan opini WTP, khususnya (kepada daerah yang mendapatkan WTP) lima kali berturut-turut. Masih ada tiga daerah yang belum (meraih opini WTP), itu yang sedang kita motivasi,” kata Emil –sapaan Ridwan Kamil.

Baca Juga:  Ganti Wajah Baru, Pelayanan DPKPP Lebih Cepat

“Kemudian pemberian hadiah bagi daerah yang proaktif, seperti Pak Gubernur-nya kemana-mana buat menjalin kerja sama. Dan yang terakhir, yang rapornya paling baik di kacamata Provinsi Jawa Barat,” imbuhnya.


Pemda Kabupaten/Kota yang menerima opini WTP Tahun 2018, yakni Kab. Bandung, Kab. Bogor, Kab. Cirebon, Kab. Garut, Kab. Indramayu, Kab. Karawang, Kab. Pangandaran, Kab.  Purwakarta, Kab. Subang, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Cirebon, Kota Tasikmalaya, dan Kota Bogor.


Penerima Penghargaan Tim Koordinasi Kerjasama Daerah Kabupaten Terbaik Tahun 2019:Peringkat

1 : Kab. BogorPeringkat

2 : Kab. SukabumiPeringkat

3 : Kab. Karawang

Bagikan:

Tinggalkan Balasan