Gunung Gede, Favorit Para Pendaki

BOGOR TIMES, Kabupaten-Gunung Gede Pangrango adalah salah satu kawasan lindungan di Jaws Barat. Gunung yang terletak wilayah Cianjur, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi sangat terkenal bagi para pendaki.

Dua gunung yang saling berdampingan ini memang menjadi gunung favorit dikalangan pendaki, pasalnya gunung yang di kelola oleh Taman Nasional ini memiliki kawah yang sangat indah dan adanya alun-alun Surya Kencana sebagai padang edelweiss (bunga abadi) terbesar di indonesia, yang menjadi spot terbaik menikmati bunga abadi serta bersua foto.

Dalam kesempatan kali ini, tim ekspedisi Bogor Times akan mengupas beberapa fakta menarik dan miots dari gunung yang saling berdampingan ini.

Apa saja hal yang harus kita ketahui tentang 2 gunung tersebut berikut tim Bogor Times akan membeberkannya. Tahukah anda bahwa Gunung Gede Pangrango merupakan dua gunung yang berbeda. Meski sering dianggap menyatu, Gunung Gede dan Gunung Pangrango sebetulnya terpisah dan memiliki ketinggian yang berbeda.

Tinggi Gunung Gede adalah 2.958 mdpl dan tinggi Gunung Pangrango adalah 3.019 mdpl. Meskipun terlihat menyatu, gunung ini memiliki dua puncak yang berbeda dan dihubungkan oleh sebuah punggungan pada ketinggian 2.400 mdpl.

Baca Juga:  Protokol Kesehatan Disosialisasikan Lebih Masif Pada Penggiat Seni

Jika kita melakukan pendakian via Cibodas kita akan melihat cabang untuk menuju ke puncak Gede dan puncak Pangrango, yang dikenal dengan daerah Kandang Badak. Ternyata orang pertama yang mendaki ke Puncak Gunung Gede bukan orang Indonesia, melainkan orang berkewarganegaraan Jerman yakni C.G.C. Reinwardt. Renwardt mendaki pada bulan April 1819, pendiri Kebun Raya Bogor. Tapi bisa saja pribumi telah mendaki terlebih dahulu hanya saja mungkin tidak terpublis yah.

Kekayaan alam baik flora dan fauna di kawasan Gunung Gede Pangrango, menjadikannya sebagai objek wisata primadona bagi pecinta alam bebas. Karenanya objek wisata alam Gunung Gede-Pangrango beserta taman nasionalnya telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfir pada tahun 1977. Maka dari itu, para

Gunung Pangrango juga memiliki satu tempat yang istimewa, yaitu Lembah Mandalawangi. Di sini, dulu tokoh fenomenal Indonesia, Soe Hok Gie kerap menghabiskan waktu. Bahkan Soe Hok Gie ini juga sempat membuat sebuah puisi dengan judul “Mandalawangi – Pangrango”, dan sampai sekarang puisi ini sangat terkenal di kalangan para pendaki.

Baca Juga:  Titik Wisata Instagramable Inggris Paling Diminati WNI

Jika di gunung Pangrango memiliki Lembah Mandalawangi yang sangat melegenda. Gunung Gede-pun memiliki Alun-alun Surya Kencana, Alun-alun Suryakencana merupakan padang rumput sangat luas yang di dalamnya terdapat bunga edellweis yang sangat indah. Selain itu, Konon katanya tempat ini dihuni oleh tentara gaib pimpinan Pangeran Surya Kencana.

Beliau adalah putra dari Pangeran Aria Wiratanudatar sang pendiri kota Cianjur. Memiliki istri makhluk jin dan memiliki anak bernama Prabu Siliwangi dan Prabu Sakti. Tak heran jika berada di Alun-alun Suryakencana sangat melegenda dengan kerajaan Pajajaran.

Gunung Gede merupakan sebuah gunung api birtipe stratovolcano. Gunung Gede sudah beberapa kali meletus dan terakhir kali mengeluarkan erupsi pada tahun 1957 lalu. Bukti bahwa gunung Gede masih aktif ditandai dengan keberadaan kawah aktif antara lain Kawah Wadon, Kawah Ratu, Kawah Baru, dan Kawah Lanang. Hingga saat ini Gunung Gede masih aktip.

Baca Juga:  Misteri Pendakian Gunung Salak (Part 1)
Komunitas Pecinta alam tengah berada di Puncak Gunung Pangrango. (Foto:Sanusi)

Berbeda dengan Gunung disebelahnya, Gunung Pangrango belum pernah meletus, karenanya Gunung Pangrango memiliki puncak yang yang berbentuk mirip dengan kerucut dsn lebih tinggi dibanding dengan gunung Gede. Selain itu gunung Pangrango tidak memiliki kawah seperti gunung api.

Gunung Pangrango merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat setelah gunung Ciremai. Gunung Pangrango memiliki ketinggian 3.019 mdpl, sementara gunung Ciremai 3078 mdpl.

Gunung Gede Pangrango terletak di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi.

Jika para pendaki ingin melakukan pendakian, para pendaki harus melakukan pendaftaraan via online melalui situs resmi TNGGP. Selain itu, Gunung yang saling berhadapan ini dikelola oleh Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan