Habib Bahar menjalani Rapid test sebelum di pindahkan ke Lapas Gunung Sindur

Bogor Times, Kabupaten Bogor – Habib Bahar bin Smith dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, dari Nusakambangan.

Plt Kalapas Gunung Sindur Erry Taruna mengungkap, Bahar menjalani rapid test sebelum dibawa ke Lapas Gunung Sindur.
“Dari NK (Nusakambangan) dirapid (test),” kata Erry, saat dihubungi, Jumat (10/7/2020).

Dia menambahkan hasil rapid test Habib Bahar Smith non reaktif. Bahar, lanjutnya, hanya menjalani rapid test saja, atau tidak diswab test.”(Hasilnya) non (reaktif),” jelas Erry.

Baca Juga:  Sidang Istimewa Laporan Tahunan 2019, PN Cibinong Klaim Lampaui Target

Erry mengatakan Habib Bahar tiba di Lapas Gunung Sindur Kamis (9/7) kemarin. Erry mengungkapkan Habib Bahar terlihat senang karena bisa menjalani masa tahanan di Kabupaten Bogor.

“Nggak ngomong secara nyata. Tapi secara, kita bisa baca bahwa secara psikologi dia (Bahar) dipulangkan ke dekat kampungnya seneng dong. Nah itu aja. Iya ceria dia,” jelas dia.

Erry mengatakan Habib Bahar menjalani masa pengenalan lingkungan (mapenaling) selama 7 hari. Belum diketahui nantinya Bahar akan menempati sel khusus atau bersama warga binaan lainnya. Sebab, kata Kalapas, Bahar akan ditempatkan di sel dari hasil penilaian mapenaling.

Baca Juga:  Kartar Cogreg Jaring Pelaku Tauran.

“Mapenaling ini kan sel khusus, sel sendiri. Nanti kedepannya dilihat lagi selama 6 hari ini bagaimana, kondisi fisik dia, terus kondisi bagaimana Kejiwaan dia, bagaimana dia bergaul, kooperatif dengan pegawai, baru nanti kita penilaian di mana, letaknya, kan gitu,” tandasnya.

Sebelumnya, Habib Bahar dipindah ke Lapas Batu, Nusakambangan. Saat itu, Habib Bahar dijemput petugas lapas karena ceramah provokatif serta melanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena mengumpulkan massa.

Habib Bahar sempat dibebaskan setelah mendapatkan program asimilasi sesuai Permenkum HAM Nomor 10 Tahun 2020. Dia sempat dibebaskan menghirup udara bebas pada Sabtu (16/5). Tiga hari kemudian, Habib Bahar dijemput petugas untuk kembali dibawa ke Lapas Gunung Sindur hingga akhirnya dipindahkan ke Lapas Batu, Nusakambangan.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan