HIMA PG PAUD UNUSIA-Kiat Pendidikan di Tengah Corona

Bogor Times, Kabupaten- Merebaknya vorus Corona menjadi kegelisahan tersendiri bagi penggiat dunia pendidikan. Hal itu mengilhami Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pendidikan Guru (PG) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ujiversitas Nahdlotul Ulama (UNUSIA) Jakarta turut bersumbangi tenaga dan fikiran.

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas ) HIMA PG PAUD UNUSIA Jakarta menyelenggarakan Seminar Nasional Virtual bertajuk ” Pemenuhan Hak Anak Disaat Pandemi Covid – 19 “.

Seminar ini menghadirkan narasumber Ketua KPAI Pusat Dr. Susanto dan Ketua PP PERGUNU Aris Adi Leksono, M.M.Pd.

Acara yg dimoderatori Ketua Prodi PG PAUD UNUSIA ini diikuti sekitar 90 peserta dari berbagai daerah di tanah air. Sesuai data panitia, peserta berasal dari: Jakarta, Bogor, Bandung, Banten, Tangerang, Jember, Blitar, Lamongan, Ponorogo, Pemalang, Lampung, Medan, Makasar, Gorontalo dan Pontianak.

Baca Juga:  Tak Serius Cegah Faham Radikal. Kinerja Kemenag dipertayakan.

Dalam kesempatan ini. Ketua Prodi PG PAUD yang juga moderator dalam acara ini mengapresiasi HIMA PG PAUD dan Panitia yg telah berinisiatif menyelanggarakan acara ini.

Menurut Ketua Panitia, Linda Puji Lestari acara ini digelar untuk menjawab kegelisahan masyarakat terkait problem pendidikan dan pembelajaran dimasa Pandemi Covid – 19 saat ini.

” Begitu banyak orang tua dan juga masyarakat gelisah menyikapi kondisi pendidikan saat ini, maka kami berinisiasi menggelar acara ini, semoga setelah mengikuti seminar ini kegelisahan itu terjawab dan menjadi solusi ” ujar Linda Puji Lestari, mahasiswi Semester IV di PG PAUD UNUSIA.

Baca Juga:  Penilaian Online Sebagai Solusi Pembelajaran Era Revolusi Industry 4.0

Dalam kesempatan yang sama Ketua KPAI, Dr Susanto menyampaikan materi ” Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Situasi Covid – 19 dan Solusinya “. Sedangkan Aris Adi Laksono, M.M.Pd memaparkan materi ” Pembelajaran Di Tengah Covid – 19, Maju Kena – Mundur Kena “.

Salah satu moment menarik dalam acara ini. Ditengah – tengah peserta hadir Agus Mulyana pakar pendidikan dari UPI Bandung, sontak saja oleh moderator didaulat jadi narasumber dadakan.

Beberapa hal yang penting utk dicatat dari Seminar ini adalah: Bahwa Anak harus tetap mendapatkan Hak Pendidikan, Pemerintah hendaknya mberikan perhatian terkait penyediaan fasilitas pembelajaran daring dan juga kesejahteraan guru utamanya guru honorer, Peran Guru sangat penting dan tidak akan tergantikan, Pentingnya merubah minsed dan meningkatkan budaya belajar, Pembelajaran dirumah jangan sampai mberatkan siswa.

Baca Juga:  Festival Arsip Dan Literasi Tahun 2019 Dibuka Wabup Bogor

Sementara itu Waspada berharap dengan digelarnya acara bisa sedikit membantu mencerahkan, para praktisi pendidikan, orang tua dan para pihak sehingga pembelajaran daring selama masa darurat ini bisa berlangsung dengan baik tanpa membebani siapapun baik, siswa, guru dan orang tua.

Waspada mengajak semua pihak terus berdoa, dan mengikuti himbauan pemerintah dan para ulama utk tetap dirumah, membudayakan cuci tangan, memakai masker, dan jaga jarak. “Semoga Pandemi Covid – 19 ini segera berakhir dan kehidupan kembali normal,” harap Waspada.

( WMK )

Bagikan:

Tinggalkan Balasan