Ikan Cupang Atasi Stress Anak Hadapi Corona

Bogor Times, Edukasi- Aktifitas di rumah dalam waktu dapat membuat stress. Di tambah lagi informasi menakutkan mengenai virus corona/covid-19. Karena itu penting bagi ayah dan bunda memperhatikan psikologis keluarga terutama anak.

https://studio.youtube.com/video/mXAF_gPIedE/edit

Ternyata banyak cara mudah dan murah untuk menstabilkan emosi dan mencegah stress keluarga. Salah satunya dengan memiliki ikan cupang. Cukup dengan uang puluhan ribu kita dapat terhindar dari stress.

Ikan Cupang atau Betta merupakan salah satu ikan yang mudah dipelihara. Itu karena ikan ini tahan banting. Selain itu, jenis ikan air tawar ini juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi yang memeliharanya.

Dikutip dari budidayaikancupang.com berikut sejumlah manfaat dari memelihara ikan yang dikenal memiliki tubuh dan warna sangat indah ini:

1) Menghilangkan pikiran stress dan menetralkan perasaan
Memelihara ikan cupang bermanfaat membersihkan pikiran dan menetralisir pikiran Anda. Ini ada hubungannya dengan kesehatan. Ketika kita melihat ikan cupang, hal ini akan dapat menyingkirkan tekanan karena ikan cupang memiliki warna yang indah dan sirip yang panjang dan tebal. Tentunya itu sangat bermanfaat ketika merasa bosan atau tertekan.

Baca Juga:  Pemilik Janin Bayi Ditemukan

Melihat ikan cupang yang berwarna-warni dan berenang dengan gembira di air akuarium, berlari dan bersembunyi di batu hias akuarium Anda, sedikitnya dapat mengalihkan perhatian dari masalah yang dihadapi.

Gerakan alami ikan cupang yang mengalir dengan tenang akan meredakan saraf sehingga akan merasa tenang, mencuci hati dan pikiran Anda menjadi kebahagiaan dan menjadi obat penekan pikiran stress.

https://studio.youtube.com/video/mXAF_gPIedE/edit

2) Sebagai sumber Inspirasi dan Gagasan
Sambil memandangi ikan hias berenang dengan tenang menyebabkan kenyamanan. Jadi di sinilah biasanya inspirasi dan ide Anda muncul dan dapat menghasilkan kreativitas dalam melakukan sesuatu.

3) Menyalurkan Hobi dan Menciptakan Peluang Bisnis

Memelihara ikan cupang juga menambah hobi baru bagi para penggemarnya. Efek positifnya, bisa meraup untung bagi penjaga ikan yang tahu betul tentang ikan ini. Semakin banyak ikan yang dihasilkan, semakin banyak keuntungan yang Anda dapatkan ketika menjualnya kepada orang lain.

Baca Juga:  Kak Seto: Jangan Buat Anak Stress!

Ikan cupang dapat menelurkan puluhan bahkan ratusan ekor, jika seseorang dapat menelurkan 10 ikan cupang baru, sekitar 10 pasang ikan menghasilkan 100 ikan cupang baru yang akan menetas.

Jika 1 cupang baru dijual dengan harga Rp10.000 (harga terendah) saja misalnya, maka jika terjual ratusan ekor, uang yang didapat akan sangat menggiurkan. Bahkan, harga ikan cupang bisa sangat mahal per ekornya, tergantung keindahan warna, dan kualitas ikan. Ikan yang menang kontes harganya bisa mencapai jutaan rupiah per ekor.

4) Menambah Keindahan Ruang dan Kamar
Memelihara ikan hias di akuarium dan kolam renang juga dapat menambah keindahan kamar atau ruang tamu Anda. Dengan aksesori menarik dan bola lampu terang dan air mancur tambahan untuk kolam renang. Misalnya, untuk tangki bundar/toples yang Anda letakkan di meja belajar, maka Anda tidak akan merasa bosan ketika belajar tetapi merasa betah.

Baca Juga:  Kumpulan Dongeng Untuk Liburan "Corona"
TELATEN: Peternak Ikan Cupang, Mukhlis tengah merawat ribuan bibit ikan cupang untuk menjawab pemesanan.(Foto:Azis)

5) Membantu Menjaga Konservasi Alam
Manfaat selanjutnya dari memelihara ikan cupang tentu saja, dalam memelihara ikan cupang ini, juga dapat menjaga konservasi alam. Di zaman yang terus berkembang ini eksploitasi laut dan ikan makin menkhawatirkan. Memeilhara ikanb cupang adalah salah satu cara paling efektif untuk membantu melestarikan salah satu ikan. Bahkan sejumlah jenis ikan ini banyak yang mirip ikan anemon.

6) Bebas dari Penyakit
Dengan memelihara ikan ini dapat terbebas dari ancaman demam berdarah atau demam malaria dengan memasukkan ikan cupang ke dalam bak mandi, bak, drum dan semua tempat yang digunakan sebagai tempat penampungan air. Khususnya di tempat yang ada tanda-tanda larva atau telur nyamuk.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan