Indocement Kembali Tingkatkan Kualitas Kader Kesehatan

BOGOR,Bogor Times-Tidak hanya menyadari pentingnya kesehatan bagi masyarakat. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (Indocement) juga ambil langkah nyata dengan peduli pada kualitas Kader Kesehatan yang berhubungan dengan pengembangan kesehatan masyarakat desa.

Karena itu berbagai upaya terus dilakukan oleh Indocement unit pabrik Citeureup untuk meningkatkan kapasitas Kader Kesehatan dan tenaga kesehatan Puskesmas di 12 desa mitra. CSRS Division Manager PT Indocement Tunggal Prakarsa, Gadang Wardono dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, pada bulan Februari-April 2021 ini, berbagai pelatihan daring dilaksanakan sebagai rangkaian program kesehatan Indocement.

Pertama “Serba-serbi Vaksin Covid-19” oleh dr. RA Adaninggar, SpPD (national board certified internist, health educator, founder @internaisfun), kemudian “Rumah Tangga Sehat dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)” oleh dr. Wahyu Nurlitasari (CSRS Division PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.) dan terakhir “Peran Kampung Ramah Lingkungan (KRL) dalam Mendukung Kesehatan Masyarakat” oleh Bambang Nugroho Yulianto (CSRS Division PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.)

Baca Juga:  PT. Indocement Kembangkan UMKM

“Pelatihan daring tersebut dilaksanakan secara bertahap dengan total peserta sebanyak 576 orang dari 12 desa mitra. Pelatihan tersebut bertujuan untuk memotivasi atau mendorong peserta serta menginisiasi pembentukan KRL atau memelihara KRL yang sudah ada di lingkungannya,” terangnya.

Peserta, sambungnya, diharapkan dapat mengajak masyarakat sekitarnya untuk membentuk/menjalankan KRL, sebagai salah satu dasar dalam menciptakan lingkungan dan masyarakat yang sehat. Meningkatkan wawasan peserta agar dapat melakukan kegiatan penggerakan dan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan.

Baca Juga:  P4M Indocement Diresmikan

“Mempersiapkan masyarakat agar dapat menerima vaksin Covid-19 dan tidak terpengaruh hoax yang berkembang bebas mengenai vaksin tersebut. Peserta dapat mengajak masyarakat untuk berperan aktif mensukseskan program PHBS dimulai dari rumah tangga untuk mencapai Indonesia sehat, mengingat PHBS memiliki banyak manfaat, terlebih lagi dimasa pandemi seperti sekarang ini,” paparnya.

Dia mengatakan, pelatihan peningkatan kapasitas untuk Kader kesehatan dan tenaga kesehatan Puskesmas desa mitra merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh Indocement setiap tahun. Adanya pandemi Covid-19 tidak menjadi kendala bagi Indocement untuk tetap melaksanakan pelatihan tersebut.Indocement berharap dengan adanya pelatihan-pelatihan tersebut akan membawa manfaat untuk masyarakat, khususnya di 12 desa mitra.

Baca Juga:  Indocement Garap Proyek Percontohan Hemat Listrik

Masyarakat diharapkan akan semakin menyadari pentingnya peran KRL dalam kesehatan masyarakat, membangun perilaku hidup bersih dan sehat mulai dari rumah masing-masing, serta tidak termakan isu-isu tidak benar mengenai vaksin Covid-19 dengan ikut mensukseskan program vaksinasi Covid-19.

Dengan demikian kualitas hidup masyarakat akan semakin baik.kedepannya Indocement akan tetap konsisten melakukan berbagai program kesehatan di desa mitra yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan isu kesehatan yang terjadi di masyarakat umum.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan