Kartar Parung-Sebar Bantuan Hingga Redam Konflik

Bogor Times, Kabupaten– Terbatasnya kuota penerima bantuan dalam rangka menunjang PSBB. Membuat pemerintah desa hingga RT kelimpungan. Atas dasar itu, pemuda karangtaruna kecamatan Parung turut serta dalam sosialisasi dan  penyaluran bantuan.

“Masyarakat harus diberikan pemahaman. Agat tidak terjadi salahfaham hingga berbuntut konflik,” kata Ketua Kartar Desa Cogreg, Ikhsan Saepul Munir pada Sabtu (16/5/2020).
Kuota bantuan terbatas dari pemerintah, kata Saepul, banyak menuai persoalan. Tak hanya pada skala desa melaikan nasional.

Baca Juga:  Bantu Nazwa Anak Penderita Kangker, Kartar Cogreg dan Cibadung Galang Bantuan

“Antar tetangga ribut bahkan tak sedikit yang mengambinghitamkan perangjat desa, RW dan RT. Karena itu, selain penyaluran kami juga mengedukasi persuasif,”ucapnya.

Konflik yang terjadi, sambung Saepul, umumnya dilatarbelakangi oleh kebutuhan, keterdesakan serta kurangnya pemahaman mengenai mekanisme,  prosedur serta fakta rill  kemampuan pemerintah dalam penentuan kuota bantuan.

“Jika sudah ada kekeliruan dalam pendataan dan itu merugikan mayarakat. Tinggal bagaimana hal itu tidak menuai konflik yang membuat kondisi semakin parah. Itulah yang saat ini kami lakukan,” ucapnya.

Baca Juga:  TAK PUNYA BIAYA, JANDA KURANG MAMPU TERANCAM HUTANG PULUHAN JUTA RUPIAH DI RUMAH SAKIT

Setelah mendapat penjelasan, ditemukan beberapa warga yang menerima bantuan namun sudah dalam kondisi mapan dengan ikhlas menyerahkan bantuan itu pada yang lebih berhak.

“Alhamdulillah, ada saja yang menerima bantuan namun menyerahkan bantuan itu pada tetangganya yang lebih membutuhkan,”ucapnya.

Ditempat berbeda, Ketua RW07, Desa Cogreg, Niman mengaku berterimakasih pada pemuda kartar. Kegiatan tersebut menurutnya, sangat membantu pemerintah dan meringankan kerja-kerja RW dan RT dilingkungan.

“Alhamdulillah. Karena kartar eksis kami lebih ringan. Moga amal dan setiap yang dilakukan oleh kartar dibalas oleh Allah berlipat ganda,”ucapnya.

Baca Juga:  RP 600 ribu per KK Cair Pekan Depan.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan