Warga Kabupaten Bogor Peduli Korban Bencana

Bogor Times, Kabupaten- Reporter Bogor Times bersama para relawan mendatangi tempat para korban bencana pada Minggu (5/1/2020). 

Perjalanan ke lokasi menuju tempat bencana sangat sulit di lewati. Karena lokasi menuju bencana tertutupi lelongsoran sehingga kendaraan roda empat harus lebih berhati-hati untuk sampai tujuan. Jalur menuju desa tersebut kurang lebih berjarak 14 km dari jalan raya. Sehingga menyulitkan para relawan untuk mencapi titik tujuan.

Selang satu jam, kami tiba di lokasi di Desa Jaya Raharja tepat nya di RT01/12 Kecamatan Suka jaya Kabupaten Bogor.

Kondisi rumah warga usai bencana. (Foto:Saepullah)

Beberapa rumah hancur dan akses jalan yang tak lagi berbentuk menjadi pemandangan yang kami saksikan. Tatapan warga penuh harap ada di setiap lintasan yang kamin lalui. 

Baca Juga:  Sisihkan Uang Saku, Siswa Darul Fataa Bojonggede Galang Bantuan

Beserta para relawan dan masyarakat, kami berangkat ke lokasi mengggunakan kendaraan mengangkut logistik. Tibanya kami disana berbarwngan dengan 25 kendaraan roda empat yang mengangkut logistik. 

Usai tiba di lokasi, para relawan langsung membagi-bagikan bantuan pada korban. Beberapa tokoh mewakili bingkisan bantuan berupa makanan, pakaian dan keperluan lainnya. 

Sementara itu, di lokasi Presiden RI, Jokowidodo yang direncanakan akan hadir ke lokasi batal. Informasi helikopter yang ditumpangi Presiden Joko Widodo batal mendarat di lokasi bencana alam di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, mulai terdengar sejak siang. 

Baca Juga:  Hujan dan Angin Kembali Gerus Tiga Titik Kota Bogor

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengabarkan, Jokowi batal mendarat akibat cuaca buruk yang melanda Sukajaya. 

” Kami sudah berada di Kabupaten Bogor, Kecamatan Sukajaya, tadi bapak presiden bersama kami mencoba mendarat di Sukajaya ini tetapi hanya bisa mendarat dua heli, kebetulan cuaca berubah-rubah, bapak presiden tidak bisa hadir,” Kata Heru. 

Menurutnya, Jokowi awalnya dijadwalkan akan meninjau lokasi longsor di Sukajaya serta memberikan bantuan paket sembako untuk warga terdampak bencana. “Maka kami mewakili presiden menyampaikan bantuan presiden berupa sembako selain itu juga presiden berikan lain-lain yang tadi saya sudah serahkan,” katanya. 

Para relawan tiba di lokasi bencana. (Foto:Saefullah)

Lebih lanjut ia menjelaskan, Jokowi memberikan bantuan sembako sebanyak 6.000 paket untuk 6.000 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak bencana. Melalui Heru, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sigap menangani bencana. 

Baca Juga:  Pemkab Bogor Fokus Penanganan Pascabencana, Soal Penyebab Masih Tunggu Kajian

Presiden juga meminta semuanya agar terus menjalankan evakuasi dan memenuhi semua kebutuhan korban. “Presiden menyampaikan turut berduka cita bagi korban yang meninggal, berempati bagi seluruh warga yang terkena bencana dan atas nama bapak presiden, polres, TNI, bupati terimakasih telah sigap bantu korban bencana ini tentunya presiden sampaikan pesan yang pertama tetap evakuasi dan pastikan kebutuhan mereka seperti air makanan siap saji untuk bisa disiapkan,” katanya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan