Kwalahan Hadapi Pasien, Ratusan Nakes Positif Covid-19

KOTA, Bogor Times- Ratusan tenaga kesehatan (nakes) di Kota Bogor terkonfirmasi positif Covid-19. Sebagian besar nakes terpapar lantaran mereka berperan sebagai garda terdepan dalam perangi pandemi Covid-19.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor mencatat sebanyak 186 nakes terpapar Covid-19 terhitung sejak November 2020 hingga Juni 2021. Dari ratusan nakes di Kota Bogor yang terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak 61 nakes di antaranya diketahui sudah melakukan vaksinasi lengkap artinya dua kali suntikkan dosis.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Sri Nowo Retno mengatakan, kasus nakes yang terpapar Covid-19 karen tren kenaikan kasus positif Covid-19. Sehingga, mereka yang menangani pasien positif semakin berpotensi tertular meskipun sudah mendapatkan dosis vaksin.

Meski nakes terkonfirmasi positif, namun nakes yang sudah divaksin tergolong dalam gejala ringan. Retno memaparkan kondisi tersebut terjadi karena mereka sudah terbentuk antibodi karena vaksinasi.

“Insya Allah dengan vaksin ketika terpapar lagi, tidak jatuh dalam kondisi berat,” ujar Retno belum lama ini.

Terpisah, salah satu nakes yang bertugas di rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 yang tidak mau disebutkan namanya mengaku, jika dirinya terpapar virus corona pada beberapa pekan terakhir setelah dilakukan swab PCR. Akibatnya, ibu kandung nakes ini pun turut terpapar Covid 19.

“Saya dan Ibu saya positif, keluarga yang lain seperti Bapak, dan Kakak saya sementara waktu mengungsi di rumah keluarga yang lain,” ujarnya kepada wartawan HRB, Sabtu (26/6/2021).

Ia mengaku terpaksa menjalani isolasi mandiri di rumah, lantaran di RS tempatnya bekerja sudah penuh.

“RS tempat saya kerja sudah full bed, jadi isoman di rumah aja,” jelasnya.

Meski biaya tes Swab PCR ditanggung pihak RS ditempatnya bekerja, ia mengaku tetap mengkhawatirkan ibunya. Sebab ibunya belum melakukan vaksinasi.

“Saya khawatir sama ibu karena ibu saya belum di vaksin, untungnya ibu saya tidak komorbid,” pungkasnya.

Dari data Dinkes Kota Bogor mencatat kasus nakes terpapar Covid-19 pada November-Desember 2020 berjumlah 69 nakes. Kemudian pada Januari 2021 kasus nakes terpapar mulai meningkat sebanyak 61 nakes.

Setelah nakes mulai menjadi sasaran prioritas vaksinasi, tren nakes terpapar pun makin turun. Hanya 10 nakes terpapar pada Februari 2021.

Lalu, lanjut dia, diikuti 10 nakes terpapar pada Maret dan 10 nakes pada April. Tren kian menurun pada Mei hanya 9 nakes terpapar. Namun kembali kasus nakes positif Covid-19 kembali naik pada Juni dengan kemunculan 17 kasus hingga minggu ketiga Juni 2021.

Menurut Retno, hal itu paling banyak dialami oleh tenaga kesehatan (nakes) yang terlibat dalam penanganan Covid-19.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan