LTMNU Kabupaten Bogor Perkuat Gerakan

Bogor Times, Kabupaten-Lembaga Ta’mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Bogor terus menancapkan kukunya. Hal itu ditandai dengan pembentukan beberapa pengurus kecamatan hingga ke desa.

“Jika sudah terbentuk pengurus desa. Maka akan mempermudah eksekusi program,”kata Ketua LTMNU Kabupaten Bogor, H. Agus Riadi saat menghadiri Pembentukan LTM MWC NU Cibinong, pada Kamis (9/7/2010).

Kegiatan yang terselenggara di Pondok Pesantren Al Falah Cikaret, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor ini. Mengukuhkan beberapa pengurus inti. Antaralain: Ketua Lembaga Ta’mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) MWC Cibinong adalah Ustadz Mohammad Taufik. Wakil Ketua yaitu Ustadz Solihin Mimi dan Sekretaris Ustadz Abdullah Guntoro.

Baca Juga:  LTMNU Kabupaten Bogor Muliakan Guru Ngaji dan Muharrik

“Saya yakin tim ini akan berjalan dengan baik. Karena sebagian besar telah bersertifikat PKPNU muharrik masjid,” katanya.

Lebuh Lanjut , Agus menjelaskan. LTM NU Kabuoaten Bogor kedepannya akan membentuk wahana untuk meningkatkan ubudiyah (beribadah) masyarakat secara konprehensif dan lintas usia: mulai dari anak-anak hingga orang yang akan memasuki usia senja. Program pembinaan ubudiyah anak yaitu melalui TPQ/TPA yang dimodifikasi dengan kurikulum TK. Pembinaan ubudiyah remaja dan majelis ta’lim muslimat dan bapak-bapak.

Peningkatan Kualitas Pendidikan

LTM-NU akan menjadikan masjid sebagai pusat peningkatan kualitas pendidikan, baik pendidikan formal maupun non-formal (luar sekolah). Dalam hal ini, LTM-NU akan memaksimalkan ruangan (space) masjid sebagai sarana pendidikan, baik di dalam masjid maupun kelebihan tanah wakaf di sekitar masjid seperti model-model sekolah unggulan.

Baca Juga:  LTM MWCNU Cibinong Siap Perkuat Aswaja An-Nahdliyah

Pusat Kesehatan

LTM-NU akan memprogramkan masjid dijadikan pusat kesehatan masyarakat. Target ke depan, setidaknya di setiap kecamatan ada masjid yang punya satu poliklinik. Jangka Panjang, program ini akan ditindaklanjuti dengan pendirian holding pengadaan obat-obatan dan alat-alat medis.

Pemberdayaan Ekonomi Umat

LTM-NU akan menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan perekonomian umat, mulai dari perkaderan interpreneur, pembentukan wadah perekonomian seperti Lembaga Keuangan Syariah Mikro (LKSM), Koperasi Masjid (Kopmas) dan Baitul Maal Masjid (BMM).

Baca Juga:  LTM MWCNU Cibinong Siap Perkuat Aswaja An-Nahdliyah

Memperluas Jaringan

LTM-NU berusaha memperluas jaringan di berbagai daerah dan berusaha mengembangkan jaringan ke tingkat regional dan bahkan di tingkat Internasional. Dengan luasnya jaringan ia akan menjadi perekat dan sebagai instrument dalam usaha membangun masyarakat husnuttafahum (saling pengertian) baik di kalangan internal maupun di tingkat global.

Membuat Pilot Projek

LTM-NU berusaha membuat berbagai proyek percontohan (uswatun hasanah project) masjid di berbagai daerah dan wilayah 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan