Ilustrasi Kelulusan

Mau Lulus SD dan SMP? Ini Syaratnya.

 – 

Bogor Times, Kabupaten- Ada yang berbeda dengan kelulusan saat ini. Tentunya berkaitan dengan wabar Corona yang tengah meneror dunia.

Perbedaan syarat kelulusan tersebut dijelaskan dalam surat edaran Pemkab Bogor yang bersisi syarat-syarat kelulusan siswa SD dan SMP.

Selain itu, dalam surat edaran tersebut, disampaikan mengenai perpanjangan kegiatan belajar di rumah bagi siswa SD dan SMP di Pemkab Bogor.

Syarat kelulusan siswa SD dan SMP, serta perpanjangan kegiatan belajar di rumah itu tertuang dalam Surat Edaran Dinas Pendidikan Pemkab Bogor Nomor 421/455-Disdik tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Surat Edaran yang terbit hari ini itu ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Bogor, Entis Sutisna.

Baca Juga:  Pemkab Bogor Kerjasama Korindo Resmian Hutan Kota

“Peserta didik jenjang SD dan SMP telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran di sekolah. Selama mengikuti proses pembelajaran peserta didik memiliki nilai sikap/perilaku minimal Baik (B),” demikian beberapa syarat kelulusan siswa SD dan SMP di Kabupaten Bogor sebagaimana tertuang dalam surat edaran tersebut.

Pemkab Bogor juga memutuskan memperpanjang kegiatan belajar siswa di rumah. Aturan tersebut berlaku untuk jenjang PAUD/TK, SD, SMP dan lembaga pendidikan nonformal.

“Kegiatan pembelajaran dari rumah bagi peserta didik jenjang PAUD/TK, SD, SMP, dan Lembaga Pendidikan Non Formal (PNF) di Kabupaten Bogor diperpanjang hingga tanggal 21 April 2020,” begitu tertulis dalam Surat Edaran Dinas Pendidikan Pemkab Bogor.

Baca Juga:  Lagi, Corona "Telan" Tiga Nyawa

Berikut ini syarat kelulusan dan kenaikan siswa SD dan SMP di Pemkab Bogor:

– Syarat kelulusan peserta didik jenjang SD dan SMP tahun pembelajaran 2019/2020 sebagai berikut:
a. Peserta didik jenjang SD dan SMP telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran di sekolah.
b. Selama mengikuti proses pembelajaran peserta didik memiliki nilai sikap/perilaku minimal Baik (B).
c. Nilai minimal kelulusan peserta didik ditetapkan oleh satuan pendidikan dan merupakan hasil rapat dewan guru.
d. Prestasi yang diraih peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran di satuan pendidikan dapat dipertimbangkan untuk menentukan kelulusan.
e. Lulus Ujian Sekolah.

– Kenaikan Kelas dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk Kenaikan Kelas dalam bentuk tes yang mengumpulkan siswa tidak boleh dilakukan, kecuali yang telah dilaksanakan sebelum terbitnya Surat Edaran ini.
b. Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk Kenaikan Kelas dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor semester ganjil dan genap serta mengacu kepada peraturan yang berlaku, prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, serta les daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.
c. Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk Kenaikan Kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh.
d. Rumusan untuk memerlukan nilai rapor serta bobol dari masing masing unsur ditentukan oleh Satuan Pendidikan berdasarkan hasil rapat dewan guru.
e. Nilai sikap/afektif peserta didik termasuk hasil pertimbangan dari guru Pendidikan Agama dan PPKn.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan