Pelayanan Puskesmas Cogreg Maksimal-Petugas Terbatas Pasien Membeludak

Bogor Times, Kabupaten-Pelayanan Puskesmas Cogreg yang dianggap buruk oleh masyarakat. Tidak berpijak pada ruang kosong. Beberapa faktor menjadi musabab tempat para pencari obat tak menjalankan funsinya dengan makaimal. Meliputi minimnya sarana dan prasarana pendukung. 

Penelusuran wartawan, sejak Sabtu (16/11) hingga Minggu (17/11) menemukan beberapa catatan penting mengenai fakta utama lemahnya pelayanan. 

Antara lain, kunjungan pasien diluar batas kemampuan petugas, jumlah petugas yang minim dan Fasilitas terbatas. 

Perhitungan jumlah kehadiran pasien. Berdasarkan data absensin tiap harinya terdapat lebih dari 120 hingga 300 pengunjung. 

Baca Juga:  Antrian Puskesmas Cogreg: Astagfirullah 'Lama' Yah

Jumlah tersebut diluar kemampuan Puskesmas yang hanya memiliki 15 petugas yang terdiri petugas pendaftaran, perawat dan dokter. 
Tak hanya itu, luas ruangan tunggu sekitar 3×4 meter.

Membuat kondisi Puskesmas sesak di waktu-waktu padatnya pengunjung yaitu Pukul 08:00 hingga 11:30.

Ditambah lagi, tak ada fasilitas ruang rawat inap. Sehingga para pasien dengan kondisi emergency hanya bisa ditempatkan di ruang periksa. 

Kondisi tersebut dibenarkan oleh Kepala Puskesmas Desa Cogreg, dr. Herawati Agustina Menurutnya, keterbatasan tenaga medis menjadi musabab kurang maksimalnya pelayanan.

Baca Juga:  Pelayanan Puskesmas Cogreg Dikeluhkan

 “Dokter ada dua, 13 orang lainnya adalah perawat, penjaga pendaftaran, ” tuturnya. 

Jumlah 15 orang petugas untuk pelayanan dalam dan luar gedung. Menjadi problem dengan tingkat kunjungan yang mencapai lebih 120 orang per harinya. 

“Petugas 15 org itu sudah termasuk tenaga pendaftaran, administrasi. Tapi saya tidak pernah bosan mengingatkan untuk selalu ramah dan maksimal dalam melayani, ” tuturnya. 

Fasilitas gedung pun menjadi faktor. Namun, ia mengaku mendapat kabar gembira. Bahwa di tahun 2020, gedung Puskesmas Cogrek akan di revitalisasi menjadi 2 lantai.

Baca Juga:  Ketua PPNI: Perawat Harus Berkualitas Melayani Pasien

“Informasinya, akan dibangun dua lantai. Jadi nanti ke depannya pelayanan bisa lebih nyamanItu salah satu yang bisa saya upayakan supaya pelayanan lebih nyaman, saya sudah mengusulkan dari tahun 2018 untuk revitalisasi gedung puskesmas, ” ucapnya. 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan