Dengan giat bakti, cilebut timur dukung program Kabupaten Sehat

Pemdes Cilebut Timur Lakukan Aksi Angkut Sampah, Implementasi Program Kabupaten Sehat

Bogor Times, Kabupaten – Guna mendukung program Kabupaten Sehat, Aparatur Pemerintahan Desa Cilebut Timur (Pemdes Ciltim) Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, lakukan aksi kerja bakti membersihkan lokasi bekas Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) di Kampung Jambu Dipa RT 01 RW 07 bersama masyarakat setempat.

Kepala Desa Cilebut Timur, Muchtar Kelana mengatakan, aksi giat bakti membersihkan lokasi bekas Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) itu dilakukan karena melihat kondisi sekitar tumpukan sampah tersebut sudah sangat memperihatinkan yang keberadaannya berada persis di belakang kantor Pemdes Cilebut Timur.

“Saya sudah sangat prihatin melihat kondisi lokasi bekas TPSS di tahun 2011 lalu semasa kades terdahulu sebelum saya. Makanya, saya beserta staf Desa berinisiatif melakukan aksi bersih-bersih hari ini untuk mengangkut semua sampah tersebut bersama masyarakat, sekitar” kata Muchtar kepada wartawan saat ditemui dilokasi, Sabtu (01/2/2020).

Baca Juga:  Nahlou! Pol PP Parung Ciduk Pembuang Sampah
Kades Ciltim Merubah TPS menjadi Tempat Pemilahan Sampah

Ia menjelaskan, dalam giat itu pihaknya juga berkoordinasi dengan UPT Kebersihan Wilayah Cibinong untuk meminjam 4 unit armada pengakut sampah beserta 16 personelnya.

“Kita pinjam 4 armada truck sampah itu ke UPT Kebersihan dan meminta juga bantuan 16 anggotanya dalam membantu kami membersihkan lokasi TPSS tersebut,” ungkapnya.

Kades Cilebut Timur periode 2020-2026 itu menambahkan, selain lokasi TPSS yang berada persis dibelakang kantor Pemdes Cilebut Timur, juga merupakan akses pintu masuk utama ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) bagi masyarakat setempat.

Baca Juga:  Perkuat Persatuan, Pemuda Cogreg Laksanakan Gotong Royong

“Lihat sendiri kan lokasi TPSS itu berada persis di pintu masuk TPU bagi warga RW 06, 07, 08, dan RW 09 Desa Cilebut Timur. Dan di TPU itu juga banyak makam keramat, maka dari itu enggak bagus lah jika ada tumpukan sampah dipintu masuk TPU yang banyak makam sesepuh Cilebut tersebut,” bebernya.

Nantinya, lanjut dia, usai diangkut seluruh sampah yang menumpuk mencapai kurang lebih 60 kubik itu, lokasi tersebut rencana kedepannya akan dibangun gedung 2 tingkat diperuntukkan tempat pemilahan sampah bagi masyarakat Cilebut Timur khususnya.

Baca Juga:  Pemandangan Gunung Yang Indah Tertutup Tumpukan Sampah

“Insya Allah jika sudah diangkut sampai bersih sampah-sampahnya itu, kita berencana akan membangun gedung 2 tingkat yang digunakan untuk pemilahan sampah organik dan non organik,” tandasnya.

Kades Cilebut Timur pun ingin mendorong perogram Pemerintah Daerah menjadi Kabupaten Sehat, dengan melakukan kegitana ini.

“Dengan kegiatan ini warga cilebut timur ikut serta dalam mejaga kebersihan lingkungan dan mendorong program Pemerintah Daerah dengan Kabupaten Sehat” tambahnya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan