pendidikan

Tiga Peran Penting Orang Tua dalam Pergaulan Anak

Minggu, 6 Oktober 2024 | 07:36 WIB
Tauladan Rosulullah Muhammad SAW dalam pergaulan antar beragama (Pixabay)

Bogor Times- Pergaulan anak di zaman saat ini cukup memprihatinkan. Tentunya, sebagai makhluk sosial, manusia perlu melakukan interaksi dengan orang lain.

Dengan melakukan pergaulan atau interaksi sosial, manusia dapat memahami satu sama lain sebagai suatu komunitas masyarakat.

Hal ini berlaku bagi semua kalangan usia, termasuk untuk anak-anak. Pergaulan bagi anak, sangat diperlukan untuk tumbuh dan berkembang memahami realitas serta dinamika sosial di masyarakat.

Dalam praktiknya, pergaulan yang terjadi di kalangan anak-anak zaman sekarang memang cukup mengkhawatirkan, sebab lebih banyak membawa dampak negatif daripada positif.

Banyak anak-anak yang justru terjebak dalam pergaulan bebas sehingga menabrak norma-norma sosial maupun agama, bahkan ada yang sampai melakukan tindakan yang bersifat kriminal.

Sebagai agama, Islam mengajarkan bagaimana peran orang tua terhadap pendidikan anak. Salah satunya, orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu mengawasi anak-anaknya dalam pergaulan di kehidupan sehari-hari.

Maksud mengawasi di sini bukan berarti mengekang dan melarang anak untuk bergaul dengan lingkungannya. Lebih tepatnya, memberikan batasan tertentu dalam pergaulan agar interaksi yang dilakukan bisa bernilai positif. Hal ini juga untuk menghindari pergaulan negatif yang dapat menjerumuskan dalam jurang kemaksiatan.

Allah telah memerintahkan umat Islam untuk menjaga diri dan keluarga dari kemaksiatan yang bisa menjerumuskan ke dalam api neraka. Hal ini sebagaimana termaktub dalam firman Allah pada surat At-Tahrim ayat 6:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. Penjaganya adalah malaikat-malaikat yang kasar dan keras. Mereka tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepadanya dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”. (Qs. At-Tahrim: 6)

Imam Fakhruddin Ar-Razi dalam tafsirnya menjelaskan, maksud dari ayat di atas ialah penegasan Allah agar umat manusia saling menjaga diri dan keluarga dari melakukan hal-hal yang dilarang dalam agama.

قُوا أَنْفُسَكُمْ أَيْ بِالِانْتِهَاءِ عَمَّا نَهَاكُمُ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ، وَقَالَ مُقَاتِلٌ: أَنْ يُؤَدِّبَ الْمُسْلِمُ نَفْسَهُ وَأَهْلَهُ، فَيَأْمُرَهُمْ بِالْخَيْرِ وَيَنْهَاهُمْ عَنِ الشَّرِّ، Artinya: “Jagalah diri kalian dengan berhenti melakukan semua yang dilarang oleh Allah untuk dilakukan. Muqatil berkata: caranya dengan seorang muslim mendidik dirinya beserta keluarganya dan memerintahkan mereka melakukan amal baik dan mencegah mereka melakukan amal buruk”. (Fakhruddin Ar-Razi, Mafatihul Ghaib, [Beirut, Dar Ihya At-Turats Al-Arabi, 1420 H], juz XXX, hal 572).

Tiga Peran Orang Tua dalam Mengawasi Anak Pergaulan dan interaksi sosial saat ini semakin intens dengan hadir dan berkembangnya teknologi informasi yang semakin canggih. Teknologi yang semakin canggih dan ditunjang dengan banyaknya media sosial, menuntut para orang tua untuk lebih waspada terhadap pergaulan anak-anaknya.

Sebagaimana diketahui, media sosial diisi oleh warganet dengan berbagai karakter mulai dari karakter positif hingga negatif. Mengingat hal tersebut, sangat penting bagi setiap orang tua untuk selalu mengawasi anak-anaknya dalam bermedia sosial agar tidak terjerumus ke dalam sesuatu yang dilarang oleh agama, di antaranya dengan membatasi anak bermain HP. Berikut ini adalah 3 peran orang tua dalam mengawasi pergaulan anaknya:

Halaman:

Tags

Terkini

Tiga Peran Penting Orang Tua dalam Pergaulan Anak

Minggu, 6 Oktober 2024 | 07:36 WIB

KADERISASI SEBAGAI JEMBATAN REGENERASI ORGANISASI

Senin, 29 April 2024 | 14:53 WIB

HAKIKAT KESETARAAN GENDER DALAM KADERISASI PMII

Senin, 29 April 2024 | 14:47 WIB

Ramadhan Jadi Momentum Berbakti Pada Orang Tua

Rabu, 3 April 2024 | 06:00 WIB