Rekomendasi Permainan Anak Untuk Libur “Corona”

Bogor Times, Edukasi- Bagi yang sedang mengikuti arahan pemerintah untuk tetap dirumah sebagai upaya menangkal perluasan Virus Corona/Covid-19. Tentunya sang buah hati sangat penting untuk terus terjaga baik jasmaninya, rohani maupun sikologisnya. Kaitannya dengan hal tersebut, Mainan Anak tentu menjadi hal kecil yang tidak boleh dianggap kecil.

 Apakah mainan yang dimainkan si kecil bermanfaat untuk tumbuh kembang anak? Mainan memang tidak bisa dilepaskan dari si kecil. Namun, mainan yang dipilih sebaiknya yang sesuai dengan perkembangan usia anak. Ada beberapa hal yang dapat memengaruhi perkembangan si kecil dengan bermain mainan anak, di antaranya adalah perkembangan fisik di mana si kecil akan diajak untuk aktif bergerak, perkembangan kognitif anak yang mana melatih kemampuan si kecil untuk berfikir dan perkembangan sosial emosional dimana si kecil akan belajar untuk berinteraksi dengan teman-teman dan orang-orang di sekitarnya. Mainan yang tepat untuk usia si kecil sangat penting lho Moms karena menunjang tumbuh kembang anak.

Baca Juga:  Kumpulan Dongeng Untuk Liburan "Corona"

Yuk mengenal jenis mainan anak yang tepat untuk tumbuh kembang anak.

Mainan Eksplorasi
Mainan yang termasuk mainan eksplorasi adalah mainan bayi atau mainan di bawah 1 tahun. Mainan ini dirancang untuk bayi di mana mereka membutuhkan sarana bermain yang dapat menggigit, menjatuhkan benda dan meraih benda yang ada di sekitarnya. Misalnya adalah mainan rattle / kerincingan dan mainan teether.


Mainan aktivitas sehari-hari yang dapat dipilih untuk tumbuh kembang anak adalah mainan peran atau pretend play. Mainan ini sering ditemukan oleh si kecil setiap hari sehingga tanpa sadar mainan ini dapat membantu tumbuh kembang si kecil. Mainan pretend play banyak macamnya lho Moms, diantaranya adalah mainan masak-masakandokter-dokteran, mainan mobil-mobilan, mainan boneka dan mainan lainnya.Mainan

Pemecahan Masalah
Mainan pemecahan masalah yang dapat mendukung tumbuh kembang anak, di antaranya adalah mainan puzzle dan mainan lego.

Baca Juga:  Persiapan, Penjagaan Anak di Masa New Normal

Mainan Kreativitas
Mainan yang dapat mendukung tumbuh kembang si kecil lainnya yaitu mainan kreativitas. Mainan ini juga saring ditemui oleh si kecil, yaitu mainan lilin (mainan fun doh). Mainan yang terbuat dari lilin melatih kreativitas si kecil untuk membentuk benda yang diinginkan oleh si kecil.Mainan Konsentrasi
Mainan yang dapat melatih si kecil untuk bisa berkonsentrasi dengan baik adalah mainan balok. Mainan yang juga termasuk mainan kognitif (melatih si kecil untuk berfikir) sudah familiar dengan si kecil ya Moms. Ada banyak pilihan mainan balok yang bisa dimainkan si kecil, diantaranya adalah mainan balok geometri, mainan kayu atau balok abjad, mainan 3D puzzle dan mainan maze bola.

Apa saja yang harus dilakukan agar mainan anak yang dimainkan dapat maksimal mendukung tumbuh kembang?

Baca Juga:  Pemilik Janin Bayi Ditemukan

Ada tiga hal penting yang harus dilakukan agar mainan tersebut maksimal untuk tumbuh kembang anak. Pertama, dampingi si kecil saat bermain. Pendampingan saat si kecil bermain sangat diperlukan karena dapat membantu si kecil untuk mendapatkan stumulus yang maksimal dari mainan tersebut. Moms bisa memberikan arahan bagaimana cara memainkan mainan tersebut kepada si kecil. Kedua, memilih mainan sesuai dengan usia anak. Nah, ini juga poin penting saat memilih mainan berdasarkan usia si kecil. Misalnya adalah dalam memilih mainan lego, semakin besar usia anak, maka mainan lego yang dipilih semakin rumit. Untuk ukuran mainan yang dipilih juga sebaiknya disesuaikan dengan umur anak. Ketiga, mainan anak yang memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI). Mainan anak ber-SNI ini aman untuk si kecil lho Moms karena tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi anak.

Yuk semua, jangan lupa ajak si kecil untuk bermain mainan anak yang melatih tumbuh kembang anak. Jangan sampai libur Corona ini membuat mereka stress. Kan, kasihan..

Bagikan:

Tinggalkan Balasan