RSUD Penuh, Pasien Covid Bertempat di Gudang

KOTA, Bogor Times-Tngginya tingkat keterisian tempat tidur untuk isolasi pasien Covid-19 di Kota Bogor, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor terus berupaya menambah kapasitas tempat tidur. Bahkan RSUD Kota Bogor akan alihfungsikan gudang aset menjadi ruang pelayanan pasien Covid-19.

Dirut RSUD Kota Bogor, Ilham Chaidir mengatakan, sejak beberapa pekan terakhir secara bertahap gudang aset di RSUD Kota Bogor dikosongkan.

Ilham menjelaskan, gudang aset tersebut memang harus dikosongkan karena akan segera dialihfungsikan. Oleh sebab itu, pihak RSUD Kota Bogor meminjam area di Rusunawa Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor untuk menitipkan barang-barang yang asalnya berada di gudang aset untuk sementara waktu.

Baca Juga:  Warga Tolak Jual Tanah-RSUD Cogreg Terkendala Sertifikasi PSU PT Karunia Mina Sejahtera

Gudang tersebut berisi barang-barang yang sudah tidak layak dan sudah tidak digunakan sejak lama. “Kita baru menyiapkan lokasi, termasuk pengosongan gudang aset. Mohon doanya ya,” kata Ilham belum lama ini.

Ilham menyebutkan bahwa RSUD Kota Bogor sudah mengirim surat kepada Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor. Dan telah mengadakan pertemuan dengan LPM dan warga rusun.

“Itu semua yang akan dititipkan adalah barang aman, tidak mengandung limbah B3. Jauh dari segala macam virus, itu bekas tempat tidur semua aman dan itu akan dipagari  dengan seng,” tegasnya.

Baca Juga:  Duga Tipu Pasien, RSUD Abdul Aziz Terancam Ditutup

Selain itu, RSUD Kota Bogor juga berencana menggunakan tenda darurat, sebagai antisipasi jika terjadi lonjakan kasus Covid-19. Saat ini, tenda tersebut masih dalam persiapan mengenai berapa banyak pasien yang bisa tertampung dalam tenda tersebut.

Ilham menambahkan, saat ini kondisi di RSUD Kota Bogor hanya menyisakan tempat tidur untuk bayi dan anak-anak. Sehingga pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kapasitas tempat tidur. Sesuai dengan instruksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Wali Kota Bogor.

Baca Juga:  2021 RSUD Utara di Gunungsindur Mulai Dibangun

“Iya singkatnya sekarang kita tempat full, yang tersisa tinggal untuk bayi dan anak kecil. Total bed untuk Covid-19 ada 138, ditambah IGD total ada 153. Jadi kita mau tingkatkan lagi kapasitas sampai 160 karena ini peningkatannya itu menanjak sekali, banyak pasien tidak dapat tempat,” pungkasnya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan