Petugas tengah mengawasi proses donor darah (Foto:Heru)

Warga Jonggol Selamatkan Stok Darah PMI

Bogor Times, Kabupaten- Aksi kemanusian PMI terus bergeliat. Kali ini kegiatan sosial yang melibatkan  peran serta Kecamatan Jonggol pada Kamis (23/7/2020).

Kegiatan yang terselenggara di Kantor Kecamatan Jonggol ini diikuti oleh lebih dari 100 donasi. Para pendonor terdiri dari staf kecamatan, staf 14 desa se-Jonggol, Polsek, Koramil, puskesmas, staf UPT se-Kcamatan Jonggol, KNPI, Karangtaruna dan masyarakat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk menutupi stok darah yang saat ini kian menipis lantaran pandemi Covid-19. Tak tanggung-tanggung, Stok darah kini menyusut hingga 70 persen dari kondisi normal.

Baca Juga:  PMII Kabupaten Bogor Menggelar Kosolidasi Kaderisasi dimasa new normal

“Jika tidak dilakukan donor darah stok kita kritis. sekarang saja penurunanya baru 50 persen sampai 60 persen dari stok normal. Kurang 70 persen itu pada saat mulai penerapan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) karena semua jadwal donor dibatalkan,” ujar Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Bogor Dini Susanti di Cibinong, Kamis (23/7/2020).

Ia bercerita, kondisi normal UTD PMI Kabupaten Bogor memiliki stok 2.500 hingga 3.000 kantong darah selama sebulan. Namun pada saat pandemi, ketersediaannya hanya setengahnya. Tapi kini sudah berangsur membaik menjadi 1.500 kantong darah dalam sebulan.

“Di luar donasi saat ini hasilnya sekitar 1.500 kantong stok darah. Jika ditambah dengan hasil saat ini maka berangsur akan memulih,” ujarnya.

Baca Juga:  PKL PMII Kota Bogor; Cetak Kader Berkualitas

Lebih lanjut Dini bercerita. Kondisi pandemi membuat kegiatan donor dari tertunda. Terlebih lagi pada akhir pekan yang umumnya ada dua hingga tiga kali kegiatan donor darah dalam sehari. Kini, demi mengoptimalkan kembali stok darah, UTD PMI Kabupaten Bogor gencar berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk bisa mengadakan kegiatan donor darah.

“Kegaitan ini adalah salah satu upaya kami. Moga dukungan selalu ada dari masyarakat,” pungkasnya.

Terpisah, Camat Jonggol Andri Rahman menerangkan. pihaknya menghimbau masyarakat untuk turut serta dalam kegiatan donor darah usai mendapat surat pemberitahuan dari PMII. “Itukan kegiatan positif jadi kami imbau masyarakat untuk ikut mengsukseskan,” kata dia.

Baca Juga:  PMII Kota Bogor Berkontribusibusi

Terlebih lagi, sambung dia, kegiatan donor dapat menyehatkan tubuh.”Jka darah di donorkan tentu akan membuat badan sehat,”pungkasnya.(Heru)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan